SMK NU 01 Jogorota Gemakan Hubbul Wathan Sebelum Belajar

Sekolah Menengah Kejujuran (SMK) Nahdlatul Ulama (NU) 01 Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang memiliki budaya tersendiri sebelum memulai proses kegiatan belajar mengajar.

SMK NU yang berada di bawah naungan PCNU Jombang ini membiasakan para siswa-siswinya untuk menyanyikan salah satu lagu kebanggaan warga NU, yakni Hubbul Wathon. Lagu ini dinyanyikan para siswa-siswi di masing-masing kelasnya sembari diawasi oleh gurunya.

Kepala Sekolah SMK NU 01 Jogoroto, Makhrus Ali mengatakan, menyanyikan lagu Hubbul Wathan bukan lagi menjadi kebiasaan di lembaganya, tapi sudah menjadi budaya yang harus dilakukan para siswa-siswi sebelum memulai pelajarannya.

“Lagu wajib Hubbul Wathan dinyanyikan setiap pagi sebelum jam pertama dimulai,” katanya kepada NU Online, Sabtu (24/2).

Ia mengatakan, budaya itu sudah berjalan cukup lama. Para siswa-siswi juga melakukannya dengan tulus dan riang. Tanpa harus diingatkan atau diperintahkan, kata Makhrus Ali, mereka sudah sadar dengan sendirinya akan budaya tersebut.

“Semoga (budaya) ini terus istiqomah dilakukan oleh para siswa-siswi di sekolah SMK NU ini,” tuturnya.

Tujuannya, selain untuk membumikan lagu ciptaan salah satu pendiri NU, almaghfurlah KH Wahab Chasbullah itu, juga dalam rangka menanamkan cinta tanah air kepada sejumlah siswa-siswinya sesuai makna yang tertera dalam lagu tersebut.

“Ada makna yang begitu luar biasa dalam lagu tersebut untuk bagaimana anak didik kita cinta terhadap tanah air,” jelas Makhrus Ali. (Syamsul Arifin/Fathoni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *