Tiga Jurusan, SMK NU Balikpapan Berkembang Signifikan

SMK NU Balikpapan atau Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Balikpapan memiliki perkembangan yang signifikan sejak berdiri tahun 2018 lalu. SMK yang berada dilingkungan Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Jalan Ledjend S. Parman RT. 22 No. 47 Sumber Rejo (Gunung Guntur) Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan ini kini telah memiliki 3 jurusan, bidang teknologi dan non-teknologi.

Dalam bidang teknologi, SMK NU Balikpapan memiliki jurusan Multimedia dan Teknik Pengelasan, sementara dibidang non-teknologi memiliki jurusan Perbankan Syariah, satu-satunya jurusan yang ada di Kota Balikpapan. Semula SMK Nahdlatul Ulama hadir dengan 1 jurusan yaitu Multimedia, tahun 2013 membuka jurusan Teknik Pengelasan, dan tahun 2015 membuka jurusan Perbankan Syariah.

Dalam segi fasilitas, sekolah berbasis pesantren ini juga memiliki perkembangan yang signifikan, bahkan sudah 2 kali SMK NU mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Fasilitas yang dimiliki, antara lain: ruang belajar yang representatif, ruang perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, sarana multimedia yang memadai, sarana olahraga, sarana ibadah, asrama dan lain-lain.

SMK NU Balikpapan merupakan sekolah menengah kejuruan berbasis pesantren yang mendidik dan mencetak siswa-siswanya agar bisa menempati posisi strategis di dunia bisnis dan industri di era masa kini, serta mampu mengembangkan semangat keislaman ala Ahlussunnah wal Jama’ah di tempat mereka bekerja dan menjadi pribadi yang mandiri dan kuat dalam memegang nilai-nilai keislaman.

Dengan semboyan “Mendidik Generasi Muda menjadi Profesional dan Berakhlakul Karimah”, SMK Nahdlatul Ulama bertekad mewujudkan tujuan pendidikan SMK yaitu meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

Sejumlah prestasi yang pernah diraih adalah juara 2 Web Design, juara 3 Animasi dan juara 3 Grapich Design dalam Lomba Keterampilan Siwa (LKS) tingkat Kota Balikpapan tahun 2013. Tahun 2014 meraih juara 2 bidang Animasi dan juara 2 bidang Welding (Pengelasan). Selain itu, siswa SMK NU Balikpapan juga pernah masuk dalam 10 besar lomba Pidato Bahasa Inggris antara SMA dan SMK se-Kota Balikpapan. Baru-baru ini, tahun 2017, SMK Nahdlatul Ulama juga meraih juara 2 bidang Welding dalam ajarang LKS se-Kota Balikpapan. Ektrakurikuler utama, antara lain, teknisi komputer, keterampilan menjahit, kaligrafi dan seni bela diri.

Informasi resmi SMK NU Balikpapan dapat diperoleh dari website atau laman http://www.smknubalikpapan.sch.id. Alamat email: smknubalikpapan@yahoo.com Telpon 0542-733422.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *