Tiga Siswa SMA di Balikpapan Tidak Lulus

Kelulusan pelajar SMA/SMK/MA diumumkan secara online, Kamis (3/5). Cara ini dilakukan agar pelajar tidak berkumpul di sekolah. Selain itu, tentunya memudahkan mengetahui hasil kelulusan secara cepat.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Balikpapan, Eddy Effendi menyebut, saat pengumuman  hanya sedikit pelajar yang datang ke sekolah. Jikapun datang, itu karena memiliki keperluan di luar soal kelulusan.

Sementara untuk surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN), siswa masih menunggu proses dari provinsi dan pusat.

“Jadi, sekolah hanya membuatkan SKHUN yang sementara, SK kelulusan siswa, dan surat keterangan hasil UN. Untuk ijazah, blangko masih belum tersedia. Makanya SKHUN segera dibuat untuk keperluan mereka mendaftar perguruan tinggi dan kedinasan lain,” jelasnya.

Sementara untuk kelulusan SMA dan MA se-Kota Balikpapan, diketahui ada tiga siswa yang dinyatakan tidak lulus. Ini lantaran mereka tidak mengikuti ujian. Dua siswa diketahui telah mengundurkan diri dan tidak mengikuti UNBK maupun USBN sejak awal.

“Satu siswa lain dari SMAN 1 tidak lulus karena tidak ikut USBN salah satu mata pelajaran, yakni bahasa Inggris,” jelas Kepala SMAN 2 Balikpapan ini.

Saat ini ada 4.184 siswa SMA dan MA di Balikpapan yang mengikuti USBN dan UNBK. Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Balikpapan, Imam Sujai membenarkan bahwa salah seorang siswanya dinyatakan tidak lulus. Keseluruhan ada 503 siswa yang terdata mengikuti USBN dan UNBK.

“Kelulusam siswa ini memang dipengaruhi US dan USBN, lain halnya dengan UNBK yang sekadar untuk mengukur tingkat pemahaman siswa,” jelasnya.

Pihak sekolah, menurutnya, telah menghubungi siswa tersebut dan menganjurkan untuk ikut USBN susulan namun tidak ada respons.

“Kami sudah sampaikan agar ikut USBN susulan agar bisa diupayakan kelulusannya, tapi tidak diindahkan. Jadi kalau seperti itu, kami tidak dapat mengupayakan kelulusannya lagi,” tandasnya. (cha/rus/k1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *